Digital Art? Ini Dia Pengertian dan Jenis-Jenisnya

02 Jun 2021

Digital Art? Ini Dia Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa saat ini dunia telah dikuasai oleh teknologi. Teknologi telah merambah ke berbagai bidang, salah satunya yaitu karya seni. Saat ini telah banyak karya seni digital yang berkembang di masyarakat. Karya-karya tersebut tentu memiliki keunikan dan estetikanya masing-masing. Lalu sebenarnya apa sih digital art itu? Apa saja jenis-jenisnya? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Pengertian Digital Art

Definisi seni digital (Digital Art) adalah istilah umum untuk berbagai karya seni dan praktek yang menggunakan teknologi digital sebagai bagian penting dari kreatif dan / atau proses presentasi. Sejak tahun 1970, berbagai nama telah digunakan untuk menggambarkan proses termasuk seni komputer dan seni multimedia, dan digital art itu sendiri ditempatkan di bawah payung besar istilah seni media baru.

Dampak dari teknologi digital telah mengubah kegiatan seperti lukisan, gambar dan patung, sementara bentuk-bentuk baru, seperti seni di internet, seni instalasi digital, dan virtual reality, telah diakui menjadi praktek artistik. Seniman digital lebih umumnya sebagai istilah untuk menggambarkan seorang seniman digital (digital artist) yang memanfaatkan teknologi digital dalam produksi karya seni. Dalam pengertian yang diperluas, “seni digital” adalah istilah yang diterapkan untuk seni kontemporer yang menggunakan metode produksi massal atau media digital.

Jenis-Jenis Digital Art

Sebelumnya telah dijelaskan pengertian digital art. Lalu sebenarnya apa saja sih jenis digital art itu? Tampaknya semakin banyak jenis seni digital yang terus berdatangan. Tentu saja, kita tidak bisa mengatakan bahwa itu sama sekali tidak terduga ketika teknologi juga terus berkembang setiap tahun. Nah berikut ini listnya.

1. Fractal/Algorithmic Art

Seni Fraktal adalah bentuk seni digital termasuk penggunaan matematika. Proses menurunkan seni melalui matematika juga disebut sebagai seni algoritmik. Ada jenis keindahan tertentu yang terlibat dalam kulminasi bentuk seni ini yang dianggap sebagai bagian dari seni komputer dan seni digital, menjadi bagian dari keluarga besar seni media baru.

 2. Moshing data

Moshing data dapat disebut sebagai proses dimana file media dapat dimanipulasi untuk menghasilkan efek visual atau gambar yang diinginkan ketika file diterjemahkan.

3. Dynamic painting

Lukisan dinamis dianggap sebagai bentuk seni digital paling modern dan canggih. Secara historis, denotasi seni diasumsikan diciptakan oleh tangan manusia sendiri dan seni seharusnya tetap di medan itu.

Namun, modernitas dan Revolusi Industri melahirkan teknologi dan adopsi metode baru untuk mengubah kerja fisik menjadi kerja mental, di mana pekerjaan para pekerja manual dihancurkan dan bukannya digantikan oleh penggunaan keterampilan khusus untuk mengoperasikan mesin-mesin ini yang diproduksi oleh kapitalis. raksasa.

4. Grafik Komputer 2D

Lukisan dan gambar tradisional tentu saja memiliki daya tarik tersendiri, karena keasliannya dan kerja kerasnya untuk mengubahnya menjadi karya agung.

Seni ini sangat dihargai, sampai munculnya teknologi dan penggunaan komputer yang menuntut seni diubah menjadi klaim spesifik digital yang dapat diterapkan pada dunia hiburan dan media modern.

Grafik komputer 2D berasal dari model dimensi 2D seperti teks dan gambar digital. Ini bekerja pada mengubah bentuk seni tradisional menjadi seni digital yang dapat digunakan dalam proyek dan animasi untuk industri media dan hiburan. Grafik 2D umumnya diturunkan pada grafik tradisional seperti tipografi, kartografi, gambar teknik, dan iklan.

5. Grafik Komputer 3D

Anda harus menemukan istilah ini beberapa kali saat menonton video, film, atau mempelajari konsep yang melibatkan animasi. Grafik komputer 3D adalah konsep modern yang hadir dengan kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu komputer dan merupakan versi modifikasi dari grafik komputer 2D.

Grafik komputer 3D memiliki tugas mewakili aspek tiga dimensi dari data geometris yang ditemukan di hampir setiap model atau struktur. Grafik komputer 3 dimensi menghitung data geometrik ini dan menyimpannya di perangkat untuk referensi di masa mendatang.

            Nah seperti itulah sedikit informasi mengenai digital art dan juga jenis-jenisnya. Dengan adanya digital art tersebut, tentu kamu harus pandai dan bijak dalam menyikapinya. Jangan sampai menyalahgunakan teknologi untuk bertindak kejahata. Nah bagi kamu yang belum bisa digital art, tidak perlu khawatir. Merachel ada untuk membantu kamu. Di Merachel ada program digital yang tentunya sangat up to date dan beda dari yang lain. Kamu juga bisa menikmati Garansi 100% uang kembali jika tidak bisa. Maka dari itu, yuk kunjungi Merachel sekarang juga disini.